Friday, July 5, 2013

Posted by Unknown |
Keuntungan:

1. Dapat Meng-install Aplikasi yang Membutuhkan Akses Root
Titanium Backup merupakan salah satu aplikasi Android yang membutuhkan akses root. Program ini bertujuan untuk mem-back-up, me-restore, dan mem-freexe data pada ponesl. Aplikasi ini dapat juga mem-backup data yang terproteksi hingga system aplikasi.

2. Dapat Meng-install Sistem Operasi Custom
CyanogenMod merupakan salah satu sistem operasi yang dikembangkan oleh komunitas developer yang bernama CyanogenMod atau yang lebih dikenal nama Team Douche. Sistem operasi jenis ini-atau yang lebih dikenal custom ROM-biasanya menambahkan beberapa fitur tambahan pada ROM resmi. Selain itu sistem operasi ini juga mengurangi fitur yang dirasa tidak penting dan juga pemodifikasian desain interface alias tampilan agar lebih menarik.

3. Dapat Melakukan Pengaturan Secara Bebas
Misalnya dengan melakukan overclock pada processor sehingga kecepatan processor akan meningkat meskipun ada kelemahan lain dari overclock, yaitu menyebabkan konsumsi baterai menjadi boros.


Setelah mengetahui keuntungan dari Rooting pada Android, Anda juga perlu mengetahui dampak negatif akibat Rooting berikut ini.

Kerugian Rooting:

1. Dapat Membuat Ponsel Rusak atau Tidak Dapat Menyala
Karena rooting berhubungan dengan sistem, apalagi ditambah dengan menginstall aplikasi yang belum stabil, efek smping yang dapat muncul adalah terjadi malafungsi pada ponsel. Selanjutnya, ponesl tidak dapt digunakan dengan stabil hingga akhirnya ponsel tidak dapat dinyalakan (bricking).

2. Dapat Merusak Garansi
Karena rooting merupakan proses yang sensitif terhadap sistem  dapat menimbulkan potensi kerusakan, alasan ini dijadikan pihak service center untuk menolak garansi. Oleh karena itu, lakukan proses unroot dan reset factory sebelum ke service center.


Jadi Pertanyaannya Apakah ponsel Android anda perlu di Root atau tidak? Jika anda sudah merasa puas dengan ponsel anda, sebaiknya tidak perlu dilakukan rooting. Dengan melakukan rooting, kustomisasi sistem pun tidak terbatas. "With great power comes great responsibility".


0 komentar:

Post a Comment