Friday, June 21, 2013

Posted by Unknown |
Accelerated Processing Unit(APU) adalah sebuah sistem pemrosesan yang termasuk didalamnya, yaitu kemampuan processing tambahan yang didesain untuk mengakselerasi satu atau lebih tipe komputasi diluar dar komputasi CPU.
Bentuk awalnya dengan menambahkan core dari GPU (graphic processing unit) pada core CPU standar yang dapat digunakan sebagai GPGPU (general purpose GPU), field-programmable gate array (FPGA), atau sistem khusus lain yang sama.
Berdasarkan hal itu, penggunaan dan istilah dari APU ini bisa bervariasi. ini karena variasi implementasi dari APU yang mengintegrasikan CPU dengan GPU yang kompatibel dengan OpenCL di dalam satu die atau juga pada APU bisa diintegrasikan video processing dan akselerasi lainnya. Contoh utama, seperti yang ditawarkan AMD dalam jajaran AMD APU. Preferensi konsep APU seperti ini juga menjadi acuan AMD sebagai arah menuju full HSA (Heterogeneous System Architecture).
HSA sendiri adalah sebuah sistem pemprosesan yang didalamnya terintegrasi, bukan hanya CPU, melainkan juga bentuk processor lain, sebagaimana GPU pada APU AMD. Namun, HSA menegaskan pada sisi heteogeneous (beraneka ragam). Bukan hanya dua jenis processing yang berbeda (APU=CPU+GPU), melainkan juga bisa lebih dari itu. Dengan kata lain, HSA berada pada level yang lebih kompleks lagi. Pada perkembangannya, APU adalah sebuah HSA, walaupun masih pada tahap awal. Sebagai bocoran kecil, AMD berencana menghadirkan produk dengan mendukung penuh arsitektur HSA di masa mendatang yang akan dimulai pada produk codename "Kaveri" di tahun 2014 mendatang.

Kembali Ke Halaman Awal atau Melihat Daftar Isi

0 komentar:

Post a Comment