Saturday, September 14, 2013

Posted by Unknown |

Sekitar 60% dari semua kegagalan harddisk disebabkan oleh faktor mekanis, mulai bantalan poros sampai head/tulis yang membentur plat disk. Sekarang, teknologi yang dimasukkan ke dalam harddisk memungkinkan kita untuk mengantisipasi kegagalan supaya kita dapat memperbaiki situasi sebelum terlambat untuk mengambil data.
Di samping memantau berbagai parameter yang berhubungan dengan faktor mekanis (RPM plat disk, waktu putar, arus motor, kegagalan head, dan goncangan mendadak ke chassis harddisk), S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analysis, and Reporting Technology) dapat melaporkan upaya baca/tulis yang dilakukan yang bisa disebabkan oleh adanya daerah cacat pada disk atau kegagalan head atau suhu harddisk. Banyak harddisk S.M.A.R.T. yang dapat pula melaporkan beberapa kali mereka dinyalakan dan dimatikan dan berapa lama mereka menyala.
Jika S.M.A.R.T. diaktifkan pada sistem BIOS anda, BIOS akan memerikasa dan melaporkan setiap tanda awal atau permanen adanya kegagalan harddisk. Anda juga dapat memantau kondisi harddisk dengan program monitoring yang mendukung harddisk S.M.A.R.T.
Untuk melihat informasi S.M.A.R.T. pada harddisk anda, coba DIskCheckup. Utiliti itu menampilkan informasi tentang harddisk dan fitur S.M.A.R.T. yang didukung oleh harddisk anda. Ada juga Ariolic Software ActiveSMART yang menampilkan rincian lengkap tentang status harddisk dan hal-hal yang berpotensi menyebabkan kegagalan. Jika anda mendapatkan peringatan tentang kemungkinan terjadinya kegagalan harddisk, segera backup data Anda dan ganti harddisk.

Menyelamatkan Harddisk Yang Gagal:
Mengalami harddisk yang gagal bukanlah peristiwa yang menyenangkan. Anda mungkin sering mendengar orang bersedih karena kehilangan datanya. Itu memang saat yang menyedihkan, tetapi sebenarnya masih ada kesempatan.
Ada banyak tool perbaikan harddisk dan pemulihan data. Di antaranya adalah Stive Gibson SpinRite yang berfungsi mencari dan memperbaiki atau memindahkan blok data rusak pada volume FAT, NTFS, Linux, Novell, Macintosh, dan bahkan TiVo; Ontrack Easy Data Recovery yang berfungsi menggali jauh ke dalam harddisk dan mengestrak data yang dipulihkan ke media lain; North Ghost yang berfungsi "mengambil" data dari harddisk yang gagal ke disk image untuk digantikan ke harddisk lain atau untuk mengestark data secara individual dengan Ghost Explorer; Kurf Garloff dd_rescue yang berfungsi meng-image partisi Linux ke media lain. Jika upaya pemulihan data gagal, Anda dapat menggunakan layanan pemulihan data seperti Ontrack atau ActionFront.

1 comment: