Saturday, May 25, 2013

Posted by Unknown |
Ada sebagian orang yang enggan datang ke acara seminar atau workshop mengenai teknologi. Mereka beranggapan, acara-acara itu hanya membuang waktu dan tidak memberikan manfaat positif. Namun, jika Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya, hadir di tengah-tengah event tersebut tentulah sangat menarik karena anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Persiapan Yang Diharus Dilakukan Antara Lain:

1. Mencari tahu tema utama seminar
Selain menyiapkan undangan untuk registrasi dan alat tulis, ada baiknya anda mencari tahu materi presentasi yang akan disampaikan. Dengan begitu, anda bisa lebih siap untuk menerima materi yang dijabarkan. Bahkan, Anda bisa lebih siap untuk membuat daftar pertanyaan jika d acara tersebut ada sesi tanya-jawab.

2. Membuat daftar target
Memang kedengarannya ribet. Namun menentukan daftar target akan berguna untuk menentukan waktu yang telah anda investasikan, Anda juga bisa fokus dan efisien. Dengan begitu, anda bisa menggali lebih dalam informasi yang dipresentasikan.

3. Mencari tahu narasumber
Cari tahu latar belakang dan keahlian pembicara/narasumber yang hadir. Anda pun bisa memilih untuk melakukan wawancara langsung dengan pembicara saat sesi networking atau coffe break. Dengan begitu, anda bisa menambah daftar relasi atau pertemanan.

4. Mencatat dan memotret slide penting
Catat beberapa hal penting yang disampaikan oleh pembicara. Selain itu, Anda pun bisa memanfaatkan kamera untuk meng-capture sejumlah informasi penting yang tersedia di slide, Jika diperbolehkan, Anda bisa meng-copy file presentasi yang dimiliki pembicara ke dalam USB flash disk. Jangan lupa untuk memberi tanda di catatan jika ada beberapa hal yang nantinya ingin ditanyakan.

5. Berkomunikasi saat break
Saat break, luangkan waktu anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang hadir atau pembicara. Jangan takut untuk bertegur sapa terlebih dahulu, bersalaman, dan memberikan kartu nama. Hal ini berguna untuk memperluas relasi anda. Ada baiknya anda berlaku sopan dan ramah. Jangan memotong pembicaraan orang hanya karena Anda ingin berkenalan.

6. Perlengkapan sarana pendukung
Sarana pendukung lainnya yang harus anda siapkan tidak kalah penting. Alat tulis, buku catatan, kamera digital, USB flash disk, Ponsel, dan tablet bisa menjadi "senjata" yang berguna. Oleh karena itu, cek ulang semua perangkat tersebut sebelum berangkat. Pastikan kamera digital, ponsel, dan tablet bisa bekerja dengan baik.


Terakhir, ketika Anda akan mengikuti sebuah seminar atau workshop, luangkan waktu secara penuh. Usahakan jangan melakukan pekerjaan lain disaat seminar, kecuali memang urgent. Pasalnya, hal ini akan membuat fokus Anda terpecah. Usahakan semua perhatian terfokus ke seminar atau workshop yang diikuti.
Itulah beberapa hal yang bisa anda siapkan  sebelum hadir ke acara seminar atau workshop. Siapkan diri anda untuk mengikuti kegiatan seminar. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan manfaat secara maksimal. Tidak hanya itu, investasi waktu maupun biaya yang telah Anda keluarkan bisa kembali dalam bentuk pengetahuan.

0 komentar:

Post a Comment