Saturday, May 18, 2013

Posted by Unknown |
Seringkali kita mendengarkan musik favorit sambil bekerja. Namun apakah kegiatan ini berpengaruh terhadap hidup kita?
Kadang Rutinitas pekerjaan menjadi hal yang membosankan dan tidak menyenangkan. Jika sudah bosan, satu hal yang sering kita lakukan untuk mengusir rasa jenuh dan bosan saat bekerja adalah dengan mendengarkan musik, musik favorit tentunya. Namun mendengarkan musik saat bekerja ternyata memiliki pengaruh yang berbeda beda pada setiap individu.
Saat ini sudah ada beberapa riset yang dilakukan untuk mengamati pengaruh musik terhadap karyawan saat bekerja. Salah satu riset yang dilakukan adalah dari Universitas Windsor dari Kanada mempelajari pengaruh musik pada kinerja pengembang software. Berdasarkan hasil studi, kualitas kerja terendah didapatkan saat bekerja tanpa musik. Selain itu, tanpa mendengarkan musik, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan cenderung menjadi lebih lama.
Dengan adanya musik, terlihat adanya perubahan mood yang positif pada para pengembang software. Studi tersebut juga menunjukkan bahwa peningkatan persepsi serta kreativitas saat mereka sedang bekerja. Selain itu, dari riset yang dilakukan juga menunjukkan bahwa orang yang tidak pernah mendengarkan musik saat bekerja membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membiasakan diri.
Apakah Genre/Aliran musik berpengaruh?
Meskipun hasil riset menyatakan adanya pengaruh yang positif, namun banyak orang yang berpendapat bahwa mendengarkan musik saat bekerja mengalihkan perhatian dan mengurangi konsentrasi. Alasan mereka adalah banyak hal lain yang mempengaruhi, salah satunya adalah jenis musik yang didengarkan.
Genre musik dengan tempo yang cepat seperti rock, hardcore, atau metal cenderung meningkatkan perasaan semangat dan ketegangan. Musik seperti itu cocok didengarkan saat kita sedang membutuhkan semangat seperti saat baru memulai suatu pekerjaan. Sedangkan musik bertempo lambat cenderung menurunkan ketegangan. Musik tipikal itu cocok didengarkan saat kita butuh waktu rileks.
Dengan mengetahui efek dari berbagai tipe musik, kita bias mengkondisikannya sesuai dengan keinginan mood pekerjaan kita. Contohnya, ketika saya sedang membutuhkan konsentrasi dalam mengcoding sebuah program, saya cenderung mendengarkan lagu atau aliran yang bertempo lambat atau hanya musik instrumental. Tetapi ketika saya sedang mencari inspirasi, saya suka mendengarkan lagu yang bertempo cepat, Lamb Of God misalnya, agar lebih semangat dalam memulai sesuatu. Kesalahan dalam memilih tipe musik untuk kondisi tertentu akan berakibat hilangnya semangat, distraksi, dan susah konsentrasi, sehingga kinerja pun akan menurun.

Kembali Ke Halaman Awal atau Melihat Daftar Isi

3 comments:

  1. Memang musik adalah teman terbaik untuk bekerja, saya setuju sekali....

    ReplyDelete
  2. Great Arikel....

    ReplyDelete