Sunday, June 9, 2013

Posted by Unknown |

Implementasi sosialisasi internet ke daerah-daerah yang dicanangkan oleh pemerintah pusat memang telah dilakukan. Langkah tersebut direalisasikan dengan mengirimkan beberapa unit mobil internet ke berbagai daerah. Cara ini dirasakan cukup masuk akal sebagai salah satu upaya agar orang atau masyarakat setempat dapat mengenal internet secara mudah dan mengoptimalkannya untuk meningkatkan wawasan.
Sayangnya, belum lama ini ada sebuah berita di surat kabar Kompas, 4 Oktober, bahwa ternyata keberadaan mobil intenet ini kurang optimal. Mengutip dari surat kabar tersebut, ada 44 mobil layanan internet untuk Gorontalo yang tidak beroprasi. Masalah sopir, sumber daya manusia sebagai operator, biaya pemeliharaan, menjadi dalih mengapa pihak provinsi Gorontalo belum mengoperasikan mobil internet. Dalih bahwa rakyat di sana lebih membutuhkan bibit pertanian dan jaringan listrik daripada mobil internet rasanya kurang tepat. Toh, pengembangan teknologi lainnya. Mungkin yang belum dipahami pemerintah provinsi Gorontalo adalah bahwa teknologi internet justru dapat membantu masyarakat setempat, baik dari sisi layanan maupun pengembangan wawasan. Bukan tidak mungkin jika masyarakat telah mengenal dan memahami teknologi internet, pengembangan di bidang lainnya, semisal pertanian, dapat semakin berkembang. Orang akan lebih mudah mendapatkan informasi. Dari informasi yang diperoleh secara mudah inilah proses pembelajaran dimulai
Kejadian tersebut patut disayangkan. Mudah-mudahan hal ini tidak menimbulkan rasa pesimistis bagi kita yang mendukung penerapan teknologi internet yang murah dan mudah ditanah air. Sebaliknya, harapan akan masa depan yang lebih baik bagi penerapan teknologi internet bagi masyarakat harus tetap ada. Mudah-mudahan kejadian semacam ini adalah yang pertama dan terakhir sekaligus menjadi pembelajaran bagi kita  semua, khususnya bagi pemerintah agar tetap terus mendukung pengembangan teknologi yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas, Semoga Saja.


Kembali Ke Halaman Awal atau Melihat Daftar Isi

0 komentar:

Post a Comment