Friday, May 31, 2013

Posted by Unknown |
1. Transfer Data Melalui Cahaya
Visible Light Communication adalah WLAN masa depan. Lampu LED mengirimkan data ke sensor cahaya yang ada di notebook dan smartphone. Sekarang ini, perangkat penerimanya masih belum "handy" dan transfer data hanya dapat dilakukan secara terbatas. Teknologi ini akan tersedia di pasaran sekitar tahun 2015.

2. Kendali Pikiran
Teknologi Brain Computer Interface dikembangkan untuk membantu orang-orang yang lumpuh saat beraktivitas. Sensor di kepala mengirim gelombang otak ke PC atau protesa (kaki/tangan palsu). Latihan untuk mengambil sebuah benda yang sederhana telah dilakukan, tetapi gerakan detail seperti menjahit belum bisa dilakukan.

3. Holodeck
Melalui Holodeck yang dikembangkan oleh University Of Southern California, Anda dijanjikan untuk diajak berjalan-jalan di dunia virtual tanpa perlu meninggalkan ruangan. Namun, proyek ini membutuhkan banyak hardware yang digunakan, seperti kacamata virtual reality, sensor gerak, dan tentu saja sebuah ruang yang sangat besar untuk berjalan-jalan.

4. Kantor Tanpa Kertas
25 tahun lalu ketika e-mail mulai digunakan, era kertas di gembar-gemborkan akan berakhir. Rupanya, hal itu keliru besar. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Lexmark, setiap karyawan yang berkantor di jerman masih mencetak 40 halaman perhari.

5. Teleportasi
Setiap orang biasanya memiliki berbagai impian menarik, salah satunya dapat berpindah tempat dari A ke B dalam waktu singkat (hitungan detik). Para ilmuan memang berhasil mengirimkan foton sejauh 144 km, tetapi memindahkan benda atau manusia masih merupakan sebuah carita "fiksi ilmiah".

6. Kendaraan Mandiri
Bulan Mei lalu google mendapatkan lisensi pertama untuk mobil tanpa pengemudi. Dalam ujicoba sejauh 480.000 km, mobil tersebut tidak mengalami kecelakaan sekalipun. Kemungkinan, mobil tersebut baru bisa dipasarkan pada tahun 2020.

7. Jaringan Perangkat Rumah Tangga
Perangkat rumah tangga cerdas memang sudah tersedia. Sayangnya tidak ada sistem operasi yang standar yang diikuti produsen.

8. Tenaga Matahari
Kendaraan dengan photovoltaic (sel surya) semakin diminati. Dalam ajang World Solar Race di Australia, banyak peneliti membandingkan hasil kerja mereka. Namun, mobil atau pesawat terbang pribadi tanpa bahan bakar masih jauh dari kenyataan.

9. Augmented reality
Google Glass Project bertujuan memperluas realita. Namun info tambahan tersembunyi di pinggiran, bukan langsung dalam pandangan. Tren terbaru, lensa kontak tanpa kacamata akan mampu menyajikan berbagai informasi. Karena ukuran resolusinya satu pixel, perangkat ini belum ada gunanya.

10. Komputer Kuantum
Performanya tentu saja jauh melebihi komputer masa kini. Prinsip kerja komputer kuantum telah diteliti sejak tahun 60-an. Setidaknya, menurut IBM kini tiba saatnya untuk merealisasikan teknologi tersebut.


Kembali Ke Halaman Awal atau Melihat Daftar Isi

0 komentar:

Post a Comment